Senin, 10 Januari 2011

KRAYAN TEMPATNYA GARAM GUNUNG


Kalimantan timur menjadi tujuan yang paling sering didatanginya saatini, tepatnya di Kabupaten nunukan. Yang berada di wilayah perbatasan, memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Pasalnya, dengan potensi SDA dan lahan, serta letak geografis, nunukan dapat dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Cepat Tumbuh. Peluang pengembangan wilayah perbatasan juga terpengaruh pada letak Nunukan yang menjadi salah satu pintu masuk dan daerah transit TKI dari dan ke Malaysia.Nunukan juga terletak pada Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, yang merupakan jalur lalulintas pelayaran dan perdagangan regional serta Internasional.Nunukan memiliki potensi SDA dan lahan yang luas, sehingga berpeluang sebagai kawasan sentra industry hasil pertanian, perikanan, jasapergudangan dan transportasi serta industry pengolahan lainnya.selain itu juga penguatan Hankam, melalui pengembangan wilayah, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan penguatan kelembagaan masyarakat.

bahwa di Krayan yang daerahnya berupa pegunungan, di sana ada produksi garam gunung Bukannya garam tuh di laut? Itulah bukti kekuasaan Allah, yang tetap memberikan rizki kepada masyarakat Krayan berupa garam gunung yang ternyatajugaberyodium tinggi. Aliran air asin yang muncul kepermukaan tanah dialirkan melalui pancuran yang terbuat dari bamboo ketempat pemasakan air garam. Air asin yang ditampung kedalam drum lalu dimasak sampai kering dengan menggunakan alat tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu.Pohon kayu yang tumbuh di sekitar pondok produksi garam dipakai sebagai bahan bakar.

Untuk menjaga keberlangsungan produksi garam sebagai salah satu sumber pendapatan, masyarakat di Krayan Hulu tetap menjaga kelestarian sumber garam dan hutan disekitarnya. Beberapa sumber air garam, dan proses produksinya, dikembangkans ebagai obyek wisata bagi wisatawan yang berkunjungke Taman NasionalKayanMentarang.

Beras Krayan atau yang biasa disebut padi a dan, adalah beras organik yang dihasilkan dari persawahan di daerah yang bersuhu dingin ini. Beras Krayan memang istimewa, menjadi salah satu produk pertanian terbaik di Indonesia.Bentuk butirannya halus memanjang, berwarna putih seperti kristal, beraroma, pulen dan rasanya lezat.Sayangnya, beras Krayan ini tergolong langka di pasaranKaltim seperti di Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan daerah lainnya.Itudisebabkan adanya keterbatasan publikasi, minimnya sarana komunikasi dan sulitnya transportasi keKrayan yang hanya bias ditembus melalui pesawatudara.(martinusbaru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar