Senin, 10 Januari 2011

KASAL : PEMIMPIN HARUS BISA MENYATU DENGAN ANAK BUAH




Jakarta, 22 Desember 2010,-- Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno memberikan ceramah tentang kepemimpinan kepada para peserta Apel Komandan Satuan (AKS) Korps Marinir 2010, di Cikoneng, Cisarua, Bogor, Rabu (22/12).

Orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Laut itu memberikan pengarahan berkaitan tentang kepemimpinan serta menjadi pemimpin yang baik. Menurut Kasal pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menyiapkan kaderisasi pengganti yang lebih baik, kemudian pemimpin harus bisa menyatu dengan anak buah, dapat bersikap wajar, serta memegang teguh 11 azas kepemimpinan TNI.

AKS yang digelar di kawasan perkebunan tersebut dibuka oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin, Selasa (21/12), dan akan berlangsung hingga Kamis (23/12), serta diikuti 84 para komandan satan di lingkungan Korps Marinir.

AKS merupakan agenda tahunan Korps Marinir TNI Angkatan Laut bertujuan untuk menyamakan persepsi para Komandan di lapangan agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi yang dipimpinnya sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, melalui forum ini, diharapkan arah kebijakan pemimpin Korps Marinir TNI AL dapat diresapi dan dihayati oleh seluruh peserta AKS, untuk selanjutnya dapat diteruskan ke anggota di bawahnya. Sebaliknya permasalahan yang ada di tingkat bawah akan ditindak lanjuti di tingkat pusat sesuai dengan kewasgiatan masing-masing.

AKS Korps Marinir Tahun 2010 ini mengusung tema ”Melalui Apel Komandan Satuan Korps Marinir Tahun 2010 Kita Satukan Visi dan Misi Dalam Rangka Pemantapan dan Peningkatan Profesionalisme”.

Penyelenggaraan AKS sengaja dilaksanakan di kawasan pegunungan di Cikoneng, Kabupaten Bogor dengan maksud mengingatkan para Komandan satuan pada suasana alam seperti layaknya di daerah operasi agar terhindar dari suasana formal, disertai harapan agar para peserta apel dapat lebih nyaman untuk menyampaikan pendapat, yang nantinya akan banyak pemikiran maupun ide-ide yang dapat dihasilkan demi kemajuan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta serta para pejabat Mabesal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar